Beasiswa Newmont Nusa Tenggara 2013

PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) secara resmi membuka pendaftaran Program Beasiswa tahun ajaran 2013/2014. Pendaftaran akan dimulai akhir Mei ini dan ditutup pada akhir Juli 2013 untuk beasiswa Bulaeng dan Perak, sedangkan beasiswa lainnya pada akhir Agustus 2013. Program Beasiswa 2013/2014 ini akan menerima sejumlah 558 siswa untuk lima jenis program yang diluncurkan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yaitu Beasiswa Perak, Beasiswa Emas, beasiswa Bulaeng dan Beasiswa Platinum, serta program bantuan peningkatan prestasi bagi mahasiswa asal Kabupaten Sumbawa Barat. Jumlah ini menurun dari Program Beasiswa tahun ajaran 2012/2013 lalu sejumlah 975 siswa dikarenakan akan digunakannya sistem seleksi yang baru dan upaya untuk lebih meningkatkan kualitas para penerima beasiswa PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).

“Pada tahun ajaran ini penyaringan akan lebih kami perketat dengan menekankan pada kualitas para penerima beasiswa. Persyaratan nilai akan menjadi lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya. Konsekuensinya adalah penurunan jumlah penerima beasiswa tetapi besar dana bantuan akan meningkat,“demikian Rachmat Makkassau, General Manager Social Responsibility PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Perubahan besaran bantuan dana ini diberlakukan untuk semua jenis beasiswa namun khusus beasiswa Perak dan Bulaeng akan ada perubahan jumlah penerima beasiswa, tambah Rachmat.

Program Beasiswa Perak 2013/2014 ini, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) akan menerima sejumlah 180 siswa SMP/SMA sederajat dengan persyaratan nilai rata-rata per semester minimal bernilai 8,5 dan bantuan dana berkisar antara Rp1.200.000 - 1.500.000,-/tahun/siswa. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa akan dijaring sejumlah 120 mahasiswa dengan persyaratan nilai rata-rata Indeks Prestasi sebesar 3,5 dan bantuan dana sebesar Rp4.800.000/tahun/siswa. Sebagai perbandingan, pada periode sebelumnya, penerima Beasiswa Perak mencapai 700 siswa/tahun.

Untuk program Beasiswa Emas masih sama dengan periode lalu yaitu setiap tahun akan menerima 20 siswa dengan nilai bantuan uang saku sebesar Rp4.800.000/tahun/siswa. Sementara untuk Beasiswa Platinum yaitu beasiswa khusus bagi mahasiswa pasca sarjana, akan dijaring sebanyak 50 calon penerima.

Sedangkan Beasiswa Bulaeng yang merupakan pengembangan dari Beasiswa Emas dan fokus pada program studi unggulan tertentu dengan sistim pembiayaan penuh sampai tamat kuliah, dimana pada tahun ajaran ini akan menerima dua orang penerima baru bagi mahasiswa S1. Program ini juga telah dikembangkan dengan membuka kesempatan bagi para mahasiswa S2 atau pun S3 sejumlah dua orang calon penerima. Sehingga total penerima beasiswa khusus Bulaeng akan menjadi delapan orang terhitung sejak awal dimulainya program ini dua tahun lalu. Selain itu, sasaran perguruan tinggi meningkat dari tujuh menjadi 11 perguruan tinggi terkemuka.

“Dengan sistem penerimaan baru ini, akan terjaring siswa-siswi yang betul-betul berprestasi dan berkualitas. Kami berharap para penerima beasiswa PTNNT ini nantinya akan mampu berbicara di tingkat nasional dan bersaing dengan siswa/mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan di tingkat internasional,” kata Rachmat.***

Info lebih lanjut, silakan klik tautan berikut :

Popular Posts